• Berita
  • Pemprov Kaltim Buka Kerjasama dengan Pemprov NTB

Pemprov Kaltim Buka Kerjasama dengan Pemprov NTB

Caption: Diwakili Sekdaprov Kaltim, Sri Wahyuni, Pemprov Kaltim Komunikasi Pengembangan UMKM Bersama Pemprov NTB.(Adakah.id)

ADAKAH.ID, SAMARINDA – Kegiatan Penguatan Pengembangan Kerjasama Perdagangan Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat dibuka langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni di Ruang Senggigi Hotel Aston Inn Mataram, Nusa Tenggara Barat hari Jum’at (17/5/2024) kemarin.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Sekda Sri Wahyuni menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Ini adalah kegiatan Disperindagkop Kaltim untuk melakukan road show ke beberapa daerah,” ungkapnya.

Sekda menjelaskan, Provinsi Kaltim hingga saat ini masih bertumpu kepada sumber daya yang belum diperbarui, sehingga banyak hal dan upaya yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Otonomi daerah sudah membuka ruang agar daerah mampu menjamin kemandirian memenuhi hajat hidup masyarakatnya,” tuturnya.

Pemerintah diakuinya, tidak bisa serta merta beralih untuk transformasi ekonomi tidak lagi bergantung pada sektor migas pertambangan ke sektor lain.

“Inilah komitmen Kaltim untuk membangun perekonomian daerah,” tegasnya.

Namun demikian, menurut dia, Kaltim menyadari kemandirian harus dibangun, mulai dari upaya meningkatkan kapasitas lokal di sektor pertanian dan perindustrian.

“Tetapi tidak bisa dipungkiri, kita memerlukan dukungan dari daerah-daerah sekitar,” ungkapnya.

Sri Wahyuni juga mengakui, dukungan daerah lain mendorong Benua Etam tetap bisa menjaga kemantapan memenuhi pasokan dan distribusi dalam wilayah Kaltim,

Karena itu, Kaltim menyatakan komitmen bersama dengan NTB sebagai starting point (niat awal) yang diharapkan Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik bisa menindaklanjuti dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

“Untuk menaungi kerjasama daerah yang lebih kuat,” jelasnya.

Melalui forum ini, Pemprov Kaltim ingin memberi penguatan dan ruang, sekaligus memfasilitasi sesuai arahan Presiden saat Musrenbangnas agar belanja pemerintah diarahkan untuk pertumbuhan ekonomi.

“Yang bisa menumbuhkan ekonomi itu adalah perangkat sektor UMKM yang langsung bisa menggerakkan ekonomi riil,” ujarnya.

Kerjasama yang dibangun Pemprov Kaltim salah satu upaya mensupport para pelaku bisnis di daerah.

Selain itu, kerjasama perdagangan Kaltim dan NTB menjadi wadah bersama menyuarakan kebutuhan tol laut dari NTB ke Kaltim.

“Tentu ini akan menjadi masukkan yang baik bagi Kementerian Perhubungan untuk membuka jalur tol laut NTB dan Kaltim untuk Nusantara (IKN),” ungkapnya.

Sekda juga berharap dalam forum ini terbangun sinergi dan kerjasama. Bahkan Kaltim ujarnya, sangat terbuka menerima masukkan agar kerjasama perdagangan bisa berjalan baik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan berkah dan manfaat, sehingga ekonomi NTB dan Kaltim bertumbuh dengan baik,” harapnya.

Usai membuka kegiatan, Sekda Sri Wahyuni mengunjungi stan produk-produk UMKM dari Kaltim dan NTB, serta mengunjungi sentra industri, ternak sapi, tanaman cabai, distributor gula dan NTB mall.

Hadir Kepala Disperindagkop UKM Kaltim Heni Purwaningsih, Pj Sekda NTB Ibnu Salim, pelaku usaha Kaltim dan NTB, Disperindagkop Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara dan Balikpapan. (*)

.

MASUKAN KATA KUNCI