• Berita
  • Arena
  • Nyaris Tembus 100 Persen, Hasil Survei LSI Denny JA Warga Samarinda Ingin Wali Kota Samarinda 2 Periode

Nyaris Tembus 100 Persen, Hasil Survei LSI Denny JA Warga Samarinda Ingin Wali Kota Samarinda 2 Periode

Caption: Jumpa Pers LSI Denny JA Terkait Hasil Survei Kepuasan Publik Terhadap Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wawali Rusmadi (17/4)(Adakah.id)

ADAKAH.ID, SAMARINDA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA hari Rabu (17/4/2024) malam merilis hasil survey-nya terkait kepemimpinan Wali Kota Samarinda dan Wakilnya, Andi Harun – Rusmadi periode 25 s/d 31 Maret 2024.

Sebanyak 600 orang yang tersebar di seluruh 59 kelurahan se-Samarinda dijadikan sample, menggunakan angket dengan tehnik wawancara langsung, baik laki laki dan perempuan secara imbang sesuai DPT dengan margin eror 4,1 persen.

Hal itu disampaikan peneliti LSI Denny JA, Fadhil Fakhri Fauzan dalam jumpa media di D’Bagios Cafe Jalan Basuki Rahmat II, Samarinda, Kaltim.

“Sebanyak 88,4 persen warga Samarinda ingin Wali Kota Samarinda Andi Harun kembali mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Samarinda untuk periode 2024 – 2029 mendatang,” kata Fadhil.

Andi Harun dianggap berhasil pada periode pertama memimpin Samarinda bersama Wakilnya Rusmadi.

Sebanyak 76,6 persen masyarakat Samarinda merasa Andi Harun dan Rusmadi cukup berhasil. Sementara 3,9 persen menilai kurang berhasil dan 18,6 persen menganggap sangat berhasil.

“Sedangkan 94,6 persen warga merasa sangat atau cukup puas dengan Andi Harun dan 81,6 persen dengan Wakilnya Rusmadi Wongso,” imbuhnya.

Sasaran survey pada seluruh warga negara Indonesia di Kota Samarinda yang telah berusia 17 tahun ke atas atau yang telah menikah.

“Sebanyak 88,4 persen responden ingin Andi Harun kembali mencalonkan diri. Sementara, 5,2 persen tidak menginginkan dan 6,4 persen tidak menjawab atau pun tidak tahu,” ungkap Fadhli lagi.

Secara personal, dalam survei itu, Andi Harun juga dinilai sosok visioner dengan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan rakyat sebesar 94.5 persen.  Tak hanya itu Andi Harun juga dinilai pintar dan religius.

Andi Harun juga dinilai inovatif [memiliki terobosan-terobosan yang baru] juga responsif [cepat tanggap dalam menangani permasalahan] sebanyak 87.0 persen.

Sebanyak  86.8 persen warga juga menilai Andi Harun sebagai sosok terbuka dan menerima kritikan dan saran dari masyarakat, juga sosok yang komunikatif [memiliki kemampuan penyampaian yang baik] 89.8 persen.

Namun, Andi Harun dan Rusmadi tetaplah manusia biasa, dua masalah masih menjadi keluhan masyarakat kota Tepian dibawah 50 persen.

“Masalah premanisme dan parkir liar serta kemacetan dianggap masih belum ada solusi,” [*]

.

MASUKAN KATA KUNCI