• Berita
  • Gelar Sidak Perdana di OPD Samarinda, Walikota: Belajar Lagi Soal Absen

Gelar Sidak Perdana di OPD Samarinda, Walikota: Belajar Lagi Soal Absen

Caption: Walikota Samarinda, Andi Harun - Adakah.id(Adakah.id)

ADAKAH.ID, SAMARINDA-  Gelar sidak perdana dilakukan Walikota ke beberapa  OPD  Pemkot Kota Samarinda. Dari gelar sidak ini,  banyak sekali yang melakukan absensi semaunya, tidak sesuai dengan aturan yang ada. Bahkan Walikota Samarinda menyuruh untuk belajar lagi soal absen.

“Tadi kepala badannya megatakan ada pegawai yang izin secara lisan.Izin lisan itu tidak dikenal sama sekali di UU Kepegawaian. Jadi Kepala badannya harus belajar lagi,” tegas Walikota dalam sidaknya di Kantor BPKAD Samarinda (23/04/2024).

Karena masih ada beberapa pegawai baik ASN maupun non ASN entah belum paham atau tidak mau paham terkait  mekanisme izin yang sesuai dengan regulasi yang ada.

Dalam gelar sidak ini pula ditemukan di beberapa OPD yang absensinya masih bolong-bolong, bahkan sampai  merakayasa absensi kehadiran.

“Kegiatan sidak pada hari ini, masih ditemukan ada pegawai yang ditemukan melakukan absensi diatas jam 8, baik pegawai ASN maupun Non ASN. Masih ditemukan juga pegawai yang tidak masuk kantor tanpa keterangan, tapi oleh BPAKD menuliskan keterangannya izin,” ungkap Andi Harun

Tentunya demi menghapus kebiasaan buruk ini, Andi Harun akan mengeluarkan kebijakan berupa surat edaran ke masing-masing OPD di lingkungan Pemkot Samarinda.

”Atas kejadian ini saya mewajibkan keapada seluruh Kepala badan setiap pagi sebelum beraktivitas untuk memeriksa para pegawainya yang tidak masuk, dll. Kami akan buatkan edaran itu,” jelasnya.

Tak hanya soal absensi saja yang menjadi temuan dalam sidak perdana pasca lebaran ini, kegiatan merokok di dalam ruangan masih ditemukan di kantor DPRD Kota Samarinda. Tentunya ini tidak sesuai dengan aturan yang ada,

“Kami juga masih banyak menemukan para pegawai yang masih merokok Terutama di Kantor DPRD banyak sekali yang masih merokok di dalam ruangan. ini jelas tidak sesuai dengan aturan,” pungkasnya.

Dalam gelar sidak ini, Walikota menginngatkan agar jangan dikaitkan dengan Tambahan Penghasilan Pegawai ( TPP)

“Sidak ini tentang kedisiplinan pegawai dan kebersihan Kantor.Kedisiplinan jangan dikaitkan dengan TPP atau kesehjahteraan,” pungkasnya (kal El)

 

.

MASUKAN KATA KUNCI