• Berita
  • Arena
  • Elektabilitas Paslon Kepala Daerah Kaltim Rudy – Seno Alami Kenaikan

Elektabilitas Paslon Kepala Daerah Kaltim Rudy – Seno Alami Kenaikan

Caption: Lembaga Survei Cyrus Networking Merilis Hasil Elektabilitas dua Paslon Kepala Daerah Kaltim, Rabu (13/11) di Hotel Mercure Samarinda. CEO Fadhli (kiri) Ali Imron (Kanan).(Adakah.id)

ADAKAH.ID, SAMARINDA – Lembaga Survei Cyrus Network merilis hasil survei Pasangan calon (Paslon) Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang bertanding di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hari Rabu (13/11/2024).

Metode Survey menggunakan multi stage random sampling, atau dalam statistik pengambilan sampel multi tahap.

Pengambilan sampel secara bertahap dengan menggunakan unit pengambilan sampel yang semakin kecil di setiap tahapnya. Total 10 Kabupaten/Kota se Kaltim ada 1.200 responden. Survei ini 95% dengan margin of error sebesar +/- 2,89 persen. 

“Kami survey langsung turun lapangan, wawancara dilakukan ke warga secara acak disetiap tempat,” kata Chief Executive Officer (CEO) Fadhli MR saat jumpa media di Hotel Mercure Kota Samarinda. 

Hasilnya, paslon Rudy Mas’ud dan Seno Aji menunjukkan elektabilitas (02) Rudy Mas’ud – Seno Aji mencapai angka 54,2 persen, sementara (01) Isran Noor-Hadi Mulyadi 43,7 persen.

“Jika dilihat dari trennya, elektabilitas Rudy-Seno ini terus meningkat. Pada bulan September elektabilitasnya baru 38,4%, sedangkan bulan Oktober naik menjadi 44,8% dan pada November sudah unggul dengan 54,2%, ” ungkap Fadhli lagi.

Sebaliknya elektabilitas petahana, Isran Noor-Hadi Mulyadi mengalami penurunan. Pada bulan September elektabilitas Isran-Hadi 52,4%, turun menjadi 48,9% di bulan Oktober dan turun lagi menjadi 43,7% di awal November.

“Dari Oktober ke November petahana turun 5%, sementara penantangnya naik 10%, karena ada angka responden yang belum memutuskan atau tidak menjawab yang juga menurun, ” kata Fadhli dengan yakin.

Pada bulan September masih ada 9,2% responden yang belum memutuskan atau tidak menjawab, turun menjadi 6,3% pada bulan Oktober dan di awal November turun lagi menjadi 2, 1%.

Dari sisi popularitas (dikenal), pasangan Rudy Mas’ud – Seno Aji pada bulan November ini 93,8%, mendekati petahana yang sudah mencapai 96,8%.

Data juga menunjukkan tren popularitas Rudy-Seno terus naik seiring berjalannya masa kampanye.
Pada bulan September popularitas Rudy-Seno ada di angka 79,7%. Naik menjadi 87,3% di bulan Oktober, lalu kembali naik menjadi 93,8% di November.

Sementara popularitas petahana, pada bulan September sudah 95,3%, bulan Oktober 95,4% dan naik menjadi 96,8 % pada bulan November ini.

“Petahana tentu lebih dulu dikenal masyarakat, dan angkanya juga sudah tinggi, sulit untuk naik lagi,” terang Fadhli.

Untuk likeabilitas (Disukai), Rudy-Seno juga terus naik, bulan September 71,8%, Oktober naik menjadi 79,2%, dan data terbaru November menunjukkan like abilitas 81,8 %. Sementara Isran-Hadi, pada bulan September Likeabilitasnya 89,3%, turun menjadi 86,8% di bulan Oktober, dan turun lagi menjadi 79, 1% di awal November.

Dari segi kemantapan memilih, 74,9% pemilih mengaku sudah mantap dan tidak akan mengubah pilihannya. Sementara masih ada 24,2% responden yang mengaku masih mungkin mengubah pilihannya.

Terkait Lembaga Survei Cyrus Network, Fadhli menjelaskan didirikan tahun 2008. Memiliki pengalaman dalam survei yang cukup panjang, memenangkan Pilpres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jokowi dua periode, dan terakhir Prabowo Subianto. (*/Joy)

.

MASUKAN KATA KUNCI
Search