• Berita
  • Desa Wisata Payung-Payung Berau Siap Unjuk Gigi di ADWI 2024

Desa Wisata Payung-Payung Berau Siap Unjuk Gigi di ADWI 2024

Desa Wisata Payung-Payung di Berau, Kalimantan Timur bersiap hadapi ADWI 2024. (Ist)
Caption: Desa Wisata Payung-Payung di Berau, Kalimantan Timur bersiap hadapi ADWI 2024. (Ist)(Adakah.id)

ADAKAH.ID, SAMARINDA – Menghadapi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Desa Wisata Payung-Payung di Berau, Kalimantan Timur, tidak hanya bersiap untuk berkompetisi tetapi juga untuk menunjukkan inovasi dan keunikan yang mereka miliki.

Desa Wisata Payung-Payung, yang telah masuk dalam 300 besar nasional pada tahun-tahun sebelumnya, kini menargetkan posisi yang lebih tinggi.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Payung-Payung, Andi menyebut bahwa persiapan mereka telah rampung 100 persen. Andi optimistis desa mereka siap menghadapi tantangan dan memperlihatkan potensi terbaiknya di ajang ADWI 2024.

“Kami telah melakukan pembenahan di berbagai aspek, mulai dari asesmen, daya tarik wisata, hingga homestay. Kami juga meningkatkan kualitas SDM kami,” ujar Andi.

Ia memaparkan, desa Payung-Payung menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan keindahan alamnya yang mempesona, termasuk danau air asin dengan ubur-ubur tanpa sengat dan goa karst yang menakjubkan. Andi menekankan bahwa inovasi tidak hanya terbatas pada aspek alam.

“Kami juga berinovasi dalam pengembangan produk olahan khas desa dan pengalaman budaya yang dapat menarik wisatawan,” katanya lagi.

Meskipun tak mudah meraih juara, tim Pokdarwis tetap optimis. Mereka berharap upaya mereka akan membuahkan hasil dalam bentuk visitasi dari Kemenparekraf dan pengakuan yang lebih luas di kancah nasional.

“Sekali lagi, kami sudah siap untuk menunjukkan kepada Indonesia dan dunia bahwa desa kami adalah destinasi wisata yang tidak hanya indah tetapi juga inovatif dan siap untuk masa depan,” pungkasnya. (HI)

.

MASUKAN KATA KUNCI